Membangun bisnis custom perforated metal sejak tiga tahun lalu, Taufik Boenardi menawarkan inovasi produk yang unik dan berbeda. Diperkenalkan dengan nama PT Walpix Metal Design Indonesia, perusahaan ini memiliki moto “Perforated Like Never Before”. Sesuai dengan moto tersebut, dia menuturkan bahwa produk yang dimiliki bisa membentuk pola tertentu, mulai dari gambar maupun tulisan yang bisa diaplikasikan dalam desain interior ataupun eksterior.
Dia menjelaskan bahwa, “Jika umumnya perforated metal hanya mengedepankan fungsi, maka Walpix menawarkan lebih dari sekadar itu. Jadi, selain fungsional kami juga menawarkan estetika. Sehingga gedung atau ruangan tersebut bisa menjadi lebih eye-catching.”
Baca Juga:
John Shu: Selalu Manfaatkan Potensi Alam
Kafi’uddin,S.Tr.T., MT.: Inovasi Material Bangunan Ramah Lingkungan di Indonesia
Dalam membuat produk dengan inovasi yang berbeda, Walpix menggunakan software khusus yang dapat memudahkan proses mendesain perforated yang diinginkan. Dengan perangkat lunak tersebut, cukup kirimkan gambar atau foto yang ingin dijadikan desain di permukaan perforated. Untuk mendukung hal tersebut, Taufik pun tidak sembarang dalam menggunakan mesin. Dia mendatangkan langsung mesin khusus dari Jerman untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Aplikasi dari Walpix pun sangat beragam, mulai dari pagar, panel pintu dan jendela, plafon, partisi, wall decor, hingga fasad gedung.
Taufik mengaku mengawali bisnis ini dengan teknik pemasaran door-to-door serta rajin mengikuti event pameran. Prinsipnya adalah bila kita yakin produk yang ditawarkan bagus dan memiliki nilai keunikan, maka tantangan yang dihadapi hanya masalah bagaimana kita menyebarkan informasi tersebut ke banyak orang. Berkat kegigihannya, produk Walpix dipercaya dan diaplikasikan di berbagai project, seperti gedung Indosiar, House of Jamu Sidomuncul, showroom BMW, Hotel Marriott, dan lain-lain. Ke depannya, dia berharap produk Walpix juga bisa ikut meramaikan dan memberi nilai lebih dalam kemajuan dunia arsitektur di Indonesia.